Minggu, 13 Oktober 2024

Mengokohkan Akal Anak dengan Dialog

Salah satu metode Rasulullah dalam mengokohkan akal anak adalah dengan dialog. Banyak hadits Rasulullah yang berisi dialog antara beliau dengan anak-anak. 

Beberapa manfaat dialog diantaranya :

1. Merangsang pertumbuhan akal anak.

2. Memperluas pengetahuan.

3. Memupuk rasa ingin tahu.

4. Mengetahui setiap hakikat dari suatu kejadian.

Maka hendaklah orang tua membiasakan diri mengajak putra-putrinya untuk berdialog. 

Namun, tentu butuh pengetahuan untuk dapat melakukan dialog yang efektif sehingga manfaat dialog dapat terlihat hasilnya.

Sumber : Mendidik Anak bersama Nabi  tulisan Muhammad Suwaid

Jumat, 11 Oktober 2024

Pentingnya Berkisah dalam Pembentukan Akhlak bagi Pendidikan dan Pengasuhan Anak

 Alhamdulillaah, pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024 terlaksana Kegiatan Parenting Keluarga Besar MI At Taqwa Nguter. Menghadirkan  narasumber Ustadz Ari Abu Zahwan dari Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) Yogyakarta, mengusung tema "Pentingnya Berkisah dalam Pembentukan Akhlak bagi Pendidikan dan Pengasuhan Anak". 



Kegiatan ini sebagai upaya madrasah bersinergi dengan wali murid dalam membentuk akhlak murid-murid dengan cara berkisah.

Kegiatan dilaksanakan di masjid Al Ikhlas Nguter dihadiri seluruh wali murid MI At Taqwa, dewan guru, dan perwakilan Yayasan Islam At Taqwa Nguter.

Hadir dan sekaligus memberikan sambutan Bapak Sukiyono, S.Pd. selaku Ketua Yayasan Islam At Taqwa dan Bapak Rusito, S.Pd.I. selaku Takmir Masjid Al Ikhlas Nguter.

Penyampaian materi yang menarik diselingi praktik bercerita oleh pembicara, menjadikan peserta antusias mengikuti kegiatan ini. 

Semoga kegiatan ini dapat memberikan pencerahan dan motivasi bagi para wali murid dan guru dalam membentuk akhlak putra putrinya.

Selasa, 08 Oktober 2024

Sebarkanlah Salam di antara Kalian


 💕 *Hadits ini mengajarkan kita tentang pentingnya menyebarkan salam. Salam adalah tanda kasih sayang dan kedamaian yang kita berikan kepada orang lain.*

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Sebarkanlah salam di antara kalian."

(HR. Muslim)

Apa maksud dari hadits ini? Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk selalu memberi salam kepada orang lain. Ketika kita bertemu dengan teman, guru, atau orang yang lebih tua, kita bisa mengucapkan "Assalamu’alaikum", yang artinya "Semoga keselamatan dan kedamaian selalu bersama kalian."

Dengan menyebarkan salam, kita bisa membuat orang lain merasa senang dan nyaman. Selain itu, salam juga bisa mempererat persaudaraan di antara kita semua. Ingatlah memberi salam adalah sunnah, dan itu sangat disukai oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Minggu, 06 Oktober 2024

Keteladanan


Keteladanan adalah metode pendidikan yang lebih efektif daripada nasihat. Terlebih untuk anak-anak usia pendidikan dasar, yang memiliki sifat "peniru ulung". Mereka lebih mudah memahami contoh nyata, daripada teori, meskipun teori sederhana. Hati mereka lebih mudah menerima, jiwa mereka lebih tersentuh dan tergerak untuk mengikuti.


Maka, biasakan shalat tepat waktu jika menginginkan anak dan anak didik kita tertib shalat. Biasakan membaca Al Quran jika menginginkan anak dan anak didik kita rajin membaca Al Quran. Shalihkan diri kita jika menginginkan anak dan anak didik kita menjadi anak-anak yang shalih.

Kamis, 03 Oktober 2024

JUMAT BERKAH, JANGAN LEWATKAN SEDEKAH


Pada dasarnya, sedekah dapat dilakukan kapan saja, akan tetapi kita dianjurkan untuk bersedekah pada hari Jumat karena hari Jumat memiliki banyak keutamaan dan keberkahan.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata:

 إنَّ لِلصَّدَقَةِ فِيهِ مَزِيَّةً عَلَيْهَا فِي سَائِرِ الأَيَّامِ، وَالصَّدَقَةُ فِيهِ بِالنِّسْبَةِ إِلَى سَائِرِ أَيَّامِ الأُسْبُوعِ كَالصَّدَقَةِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ بِالنِّسْبَةِ إِلَى سَائِرِ الشُّهُورِ

"Bahwa Sedekah di hari Jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari yang lain. Sedekah di hari Jumat dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah di selain Ramadhan." (Zadul Ma’ad, 1/407)

Maka sebagai seorang muslim yang baik, seyogyanya kita tidak melewatkan sedekah di hari Jumat.

Selasa, 01 Oktober 2024

Hadits Kebersihan

 


💕 Hadits ini menekankan pentingnya kebersihan dalam Islam. Kebersihan tidak hanya mencakup aspek fisik, seperti menjaga tubuh, pakaian, dan lingkungan, tetapi juga kebersihan batin, yaitu menjaga hati dari sifat buruk seperti iri, sombong, dan kebencian.

💕Kebersihan adalah bagian dari kesempurnaan iman, menunjukkan ketaatan kepada Allah SWT dan perhatian terhadap kesehatan. Dalam Islam, kebersihan juga dianggap sebagai wujud akhlak mulia, di mana menjaga kebersihan diri dan lingkungan mencerminkan rasa hormat kepada sesama dan alam. Dengan demikian, menjaga kebersihan memberikan manfaat baik di dunia maupun di akhirat, sebagai salah satu jalan menuju kehidupan yang sehat dan penuh berkah.

Ujian Tahfidz PTS 1


Alhamdulillah, atas izin-Nya, pada hari Senin - Selasa, tanggal 30 September sampai dengan 1 Oktober 2024, telah terlaksana ujian tahfidz PTS 1 dengan lancar.

Kami ucapakan jazakumullah khair kepada ananda kelas 1 - 6 sebagai peserta ujian yang telah mengikuti dengan baik dan bapak ibu wali murid sebagai motivator sehingga ananda berhasil menyelesaikan tes tahfidz Qur'an dengan hasil yang maksimal.

Barakallahu fiikum, semoga Allah menjadikan anak - anak kita sebagai penghafal Al Qur'an di lisan dan di hati.