Jumat, 11 Oktober 2013

SELAYANG PANDANG MI AT-TAQWA NGUTER

Ide perlunya didirikan Sekolah Islam tingkat Dasar muncul pada tahun 2002, pengurus Yayasan Islam At-Taqwa yang waktu itu diketuai oleh bapak Tarwanto dan bapak Edy Mursito sebagai sekretaris merintis berdirinya Sekolah Dasar Islam bersama bapak Sartana salah seorang warga Nguter yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan.
Pada tanggal 15 Juli 2002 berdirilah MI Plus At-Taqwa dengan Kepala Sekolah bapak Sartana, S.Ag. Peserta didik pada periode pertama berjumlah 14 siswa, dan tempat belajar waktu itu berada di serambi Masjid Al Barokah, yang berada di desa Nguter, Rt.02 Rw.08 Kec. Nguter.
Pertimbangan utama didirikan Sekolah Dasar Islam di wilayah Nguter, sbb :
~  Di wilayah Nguter dan sekitarnya belum ada Sekolah Islam tingkat Dasar yang Full Day dan sesuai dengan harapan orang tua, khususnya wali murid RA At-Taqwa.
~  Sebagai kelanjutan pendidikan siswa-siswi yang telah Lulus dari RA At-Taqwa khususnya dan TK Islam pada umumnya.
Sejak awal pendirian MI Plus At-Taqwa telah diserahi mengelola tanah wakaf seluas 322 m2 dari jama’ah Masjid Al Ikhlas Nguter. Namun baru sekitar 1 tahun 9 bulan, dengan rahmat Alloh dan bantuan para muhsinin, Yayasan Islam At-Taqwa dapat membangun kelas sebanyak 3 lokal. Setelah lokal tersebut jadi, maka para siswa dipindahkan dari Masjid Al Barokah ke Gedung MI Plus At-Taqwa yang berada di desa Nguter Rt.01, Rw.04 Kecamatan Nguter, tepatnya tanggal 28 April 2004. Saat itu 2 lokal untuk kelas, yaitu kelas I dan II dan satu lokal untuk kantor.
Yayasan Islam At-Taqwa mendirikan sekolah Islam tingkat Dasar memilih jalur MI yang menginduk ke Depag dengan pertimbangan :
-   Nama Madrasah Ibtidaiyah lebih membawa syiar Islam dibanding dengan nama SD, karena image masyarakat daerah Nguter dan sekitarnya, MI adalah sekolah agama.
-   Lembaga Pendidikan dengan nama MI diminati oleh masyarakat Sukoharjo, hal ini terbukti di kota Sukoharjo ada sebuah MI pada tahun 2002 memiliki siswa kurang lebih 600 siswa.
Adapun kata Plus yang dicantumkan pada MI Plus At-Taqwa maksudnya adalah MI At-Taqwa mempunyai beberapa keunggulan (nilai plus), diantaranya :
-   MI At-Taqwa sebuah sekolah yang memperhatikan prestasi ibadah dan akhlak selain prestasi akademis.
  Siswa dengan waktu belajar selama kurang lebih 6 tahun insya Allah mampu hal-hal sebagai berikut :
~  Membaca Al Quran dengan tartil
~  Hafal Al Quran 1 Juz
~  Hafal Hadits 80 hadits
~  Mampu berbahasa arab tingkat dasar
-   MI At-Taqwa menggunakan sistem Fullday School, yaitu belajar sehari mulai jam 07.15 – 15.00 WIB
Saat ini MI At-Taqwa telah memiliki 343 siswa. Tenaga pengajar yang ada sebanyak 28 guru yang kompeten dalam bidangnya. Untuk pengajar materi umum dibimbing oleh guru lulusan Sarjana (S1) dan Magister (S2) dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Untuk pengajar materi agama dibimbing oleh guru lulusan LIPIA Jakarta, Ma’had Abu Bakar Ash Shiddiq UMS, dan Pondok Pesantren.

0 komentar:

Posting Komentar