Jumat, 12 Januari 2024

Sejarah Berdirinya MI At Taqwa

Ide perlunya didirikan Sekolah Islam tingkat Dasar muncul dari orang tua/wali murid TK At-Taqwa Pojok Kidul dan sebagian masyarakat Pojok Kidul. Berawal dari situlah maka pengurus Yayasan Islam At-Taqwa yang waktu itu diketuai oleh bapak Tarwanto dan bapak Edy Mursito sebagai sekretaris merintis berdirinya Sekolah Dasar Islam bersama bapak Sartana salah seorang warga Nguter yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan. 

Akhirnya pada tanggal 15 Juli 2002 berdirilah MI At-Taqwa dengan Kepala Sekolah bapak Sartana, S.Ag. Peserta didik pada periode pertama berjumlah 14 siswa, dan tempat belajar waktu itu berada di serambi Masjid Al Barokah, yang berada di desa Nguter, Rt.02 Rw.08 Kec. Nguter.

Didirikan Sekolah Dasar Islam di wilayah Nguter, pertimbangan yang utama sebagai berikut :

1. Di wilayah Nguter dan sekitarnya belum ada Sekolah Islam tingkat Dasar yang Full Day dan sesuai dengan harapan orang tua, khususnya wali murid TK At-Taqwa.

2. Sebagai kelanjutan pendidikan siswa-siswi yang telah Lulus dari TK At-Taqwa khususnya dan TK Islam pada umumnya.

Sejak awal pendirian MI At-Taqwa telah diserahi mengelola tanah wakaf seluas 322 m2 dari jama’ah Masjid Al Ikhlas Nguter yang disesepuhi oleh bapak H. Mulyadi dan Bp. Rusito. Namun baru sekitar 1 tahun 9 bulan, Dengan rahmat Alloh dan bantuan para muhsinin,Yayasan Islam At-Taqwa dapat membangun kelas sebanyak 3 lokal. Setelah lokal tersebut jadi, maka para siswa dipindahkan dari Masjid Al Barokah ke Gedung MI At-Taqwa yang berada di desa Nguter Rt.01, Rw.04 Kecamatan Nguter, tepatnya tanggal 28 April 2004. Saat itu 2 lokal untuk kelas, yaitu kelas I dan II dan satu lokal untuk kantor.

Yayasan Islam At-Taqwa mendirikan sekolah Islam tingkat Dasar memilih jalur MI yang menginduk ke Depag dengan pertimbangan :

1. Nama Madrasah Ibtidaiyah lebih membawa syiar Islam dibanding dengan nama SD, karena image masyarakat daerah Nguter dan sekitarnya, MI adalah sekolah agama.

2. Lembaga Pendidikan dengan nama MI diminati oleh masyarakat Sukoharjo, hal ini terbukti di kota Sukoharjo ada sebuah MI pada tahun 2002 memiliki siswa kurang lebih 600 siswa. 

MI AT Taqwa yang kurang lebih berdiri selama 21 tahun ini, telah dikepalai oleh tiga periode kepemimpinan. Kepemimpinan yang pertama dikepalai oleh Bapak Sartono, S.Ag yang masa jabatannya dari 15 Juli 2002 sampai dengan 30 Juni 2007, kemudian kepemimpinan kedua dikepalai oleh Bapak Tarwanto, S.Ag masa jabatan 1 Juli 2007 sampai dengan 30 Juni 2015.Kepemimpinan ketiga dikepalai oleh Bapak Mursito yang masa jabatannya dari  1 Juli 2015 sampai dengan sekarang.

 

0 komentar:

Posting Komentar