Kamis, 05 September 2024

PERBANYAKLAH SHALAWAT DI HARI JUMAT

PERBANYAKLAH SHALAWAT DI HARI JUMAT


Ada suatu amalan yang semestinya diperbanyak diamalkan oleh kaum muslimin di hari Jumat. Amalan tersebut adalah shalawat kepada Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam. 

Keutamaan Bershalawat Kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana disebutkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.” (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)

Lalu di hadits yang lain, yakni hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408)

Adapun keutamaan memperbanyak shalawat di hari Jumat yakni sebagaimana yang dikabarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam 

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubra)

Semoga kita dimudahkan oleh Allah untuk mengamalkannya dan semoga Allah selalu memberikan kepada kita ilmu yang bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar